Jumat, 11 Juni 2010

Pengertian Manajemen

Menurut Lughot

Manajemen merupakan kata yang diimport dari Inggris. Jika dipandang dari kata kerja, maka manajemen berasal dari kata manage artinya kontrol, mengendalikan, menangani, atau mengelola. Contoh:
- Mengendalikan nafsu.
- Menangani masalah tawuran massal.
- Mengelola hati.
- Dll.

Jika ditinjau dari sudut pandang kata benda, maka manajemen berasal dari kata management, yang di dalamnya mengandung berbagai arti, diantaranya adalah:
  1. Managing: "pengelolaan, pengendalian, atau penanganan."
  2. Skill Full Treatment: "Penanganan secara trampil."
  3. Skil Full Komitment: "Kemampuan pengendalian hubungan kerjasama untuk mencapai tujuan."
  4. Skill Full Profesional: "Kemampuan keahlian dalam pengelolaan organisasi untuk mencapai tujuan."

Menurut Istilahi

  1. Manajemen Sebagai Seni: "Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu di dalam maupun di luar diri, dengan memanfaatkan kemampuan diri sendiri, Tuhan, alam, maupun orang lain, untuk mencapai suatu tujuan."
  2. Manajemen Sebagai Ilmu Pengetahuan: "Manajemen merupakan ilmu pengetahuan yang selalu berupaya secara sistematis untuk dapat mengetahui, mengerti, memahami, menghayati dan melaksanakan sesuatu, sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih berarti untuk kemaslahatan seisi alam."
  3. Manajemen Sebagai Proses: "Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan sesuatu, sehingga tercapai tujuan yang diinginkan."

Sumber:
http://www.putramahendragunawan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar